Cari Blog Ini

Kamis, 11 April 2013

Rencana Siprus Menghempaskan Emas

Siprus berencana untuk menjual cadangan emas senilai € 400 juta untuk membiayai sebagian dari bailout, menurut dokumen Komisi Eropa. Langkah ini menandai penjualan emas zona Eropa terbesar dalam empat tahun.

Rencana penjualan tersebut ditetapkan dalam penilaian rancangan pembiayaan Siprus yang dipersiapkan oleh Komisi Eropa dan akan menjadi pembuangan emas pertama terbesar di Eropa sejak Perancis menjual 17,4 ton emas pada semester pertama 2009.

Total cadangan bullion Siprus mencapai 13,9 ton pada akhir bulan Februari, menurut data dari World Gold Council. Jika sesuai dengan harga saat ini, senilai € 400 juta dari jumlah emas 10,36 ton.

Sementara itu, menurut rilis awal pertemuan Maret the Fed, beberapa kebijakan Federal Reserve AS diperkirakan akan tertahan terkait laju pembelian aset pada pertengahan tahun hingga akhir tahun ini. Beberapa anggota FOMC berharap untuk memperlambat kecepatan pembelian dan menghentikan program quantitative easing pada akhir tahun.

Meskipun laporan payroll Maret mencerminkan melemahnya pasar tenaga kerja di AS, saya menduga jika Fed benar-benar cenderung akan mengencangkan ikat pinggang, sementara negara negara lain masih tetap dalam mode “longgar”, maka pasar akan berasumsi The Fed harus nyaman dengan Dolar yang akan menguat. Indeks dolar sudah naik sekitar 6% pada tahun ini, saya tidak benar-benar berpikir The Fed atau Treasury terlalu tertarik pada apresiasi lebih lanjut.

Dua orang anggota FOMC, Dennis Lockhart dari Atlanta Fed dan Presiden Fed Minneapolis Narayana Kocherlakota dengan cepat menunjukkan bahwa ini masih terlalu dini untuk berpikir bahwa QE akan selesai. Pelonggaran moneter besar-besaran oleh BoJ, akomodasi BoE lebih lanjut dan harapan tinggi untuk penurunan suku bunga ECB, membawa pendugaan bahwa Fed tidak akan melakukan pengetatan dalam waktu dekat.

Pada pergerakan Rabu kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1584.50 per troy ounce. Sejak pembukaan market, emas sempat tertahan kuat di area resistan pada harga tertinggi hariannya di kisaran USD 1588.42 per troy ounce. Emas kembali di sikat oleh  dollar dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1555.55 per troy ounce. Akhirnya emas di tutup pada kisaran USD 1558.28 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD 26.22.

Pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali berada di bawah indikator simple moving average (SMA) 50 yang merupakan resistan kuat bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 38 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi mixed. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bullish minor.

Secara umum pergerakan emas pada grafik 4 jam-an berada dalam kondisi bearish. Jika emas masih melanjutkan pergerakan bearishnya dengan menembus support USD 1558.08 per troy ounce membuka potensi emas akan bergerak ke bawah menuju support USD 1539.97 per troy ounce. Sebaliknya jika emas menguat dengan menembus resistan USD 1569.28 per troy ounce membuka peluang emas akan bergerak ke atas menuju resistan USD 1587.38 per troy ounce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin berinvestasi di monex, hubungi 0852 8286 1411