Cari Blog Ini

Selasa, 29 Januari 2013

Euro Tertopang Prospek Pertumbuhan Global

Euro Tertopang Prospek Pertumbuhan Global

Meskipun hari ini trekoreksi, mata uang tunggal Euro nampak masih kokoh bergerak di atas level $1.34 berkat sentimen positif para investor terhadap prospek pertumbuhan ekonomi global.

Kuatnya Euro juga tertopang oleh solidnya laporan pendapatan perusahaan di sejumlah lantai bursa utama dunia serta positifnya data-data ekonomi dunia mulai dari Eropa, Amerika, China dan negara-negara berkembang Asia lainnya. Selain itu meredanya masalah utang di kawasan euro turut memperkuat pergerakan Euro.

Sepanjang minggu lalu data-data ekonomi yang dirilis di kawasan Euro muncul dengan memuaskan. Pada akhir pekan lalu (Jumat, 25/01), tingkat kepercayaan bisnis Jerman melonjak di atas ekspektasi di angka 104.2. Sebelumnya, angka manufaktur PMI, baik dari Jerman maupun untuk zona Eropa juga turut naik diatas ekspektasi. Serangkaian data tersebut langsung menyokong pergerakan Euro.

Hingga memasuki sesi Eropa mata uang bersama yang dipakai oleh 17 negara ini, terpantau dikisaran 1.3443 setelah melejit terbatas pada 1.3460. Sedangkan pada hari Senin kemarin, Euro berhasil mencetak level tertinggi 1.3477 dan ditutup pada 1.3455.    

Tabel Data Ekonomi Jerman & Zona Euro Pekan Lalu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin berinvestasi di monex, hubungi 0852 8286 1411