Cari Blog Ini

Selasa, 29 Januari 2013

Sterling Terpuruk, Prospek Ekonomi Suram

Sterling Terpuruk, Prospek Ekonomi Suram 

Hingga sesi perdagangan siang di hari Selasa (29/01) mata uang Inggris – Poundsterling masih terjepit di kisaran rendah dalam 5 bulan terakhir terhadap USD lantaran para investor masih khawatir dengan perekonomian Inggris yang sangat rapuh sehingga menimbulkan prospek pelonggaran moneter lebih lanjut dari bank sentral.  

Sterling tercatat berkisar di area 1.5703 setelah tenggelam hingga ke level 1.5683 yang menjadi titik rendah hari ini, bahkan sesi kemarin sempat terpuruk hingga 1.5673. Hari ini mata uang Ratu Elisabeth hanya mampu naik ke level tertinggi 1.5708. Kinerja Sterling juga diperburuk oleh rumor yang beredar bahwa Mark Carney secara resmi akan menjabat sebagai Gubernur BoE (Bank Sentral Inggris) pada akhir tahun ini.

Pasar khawatir Mark Carney akan mengambil tindakan yang lebih agresif guna memacu pertumbuhan ekonomi yang tak lain dengan terus menambah stimulus. Hal itu dipastikan bakal membebani penguatan Sterling dalam jangka panjang. Sterling juga terbebani oleh meningkatnya resiko downgrade rating kredit ‘AAA’ milik Inggris.(dar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin berinvestasi di monex, hubungi 0852 8286 1411